11 Desain Rumah Unik yang Anti Mainstream Cocok untuk Pribadi Nyentrik

Rumah adalah sebuah tempat yang dihuni oleh pemiliknya. Karena menjadi tempat bekerja, beristirahat dan berkumpul dengan keluarga maka desainnya harus dibuat senyaman mungkin. Sebagian orang memiliki kreatifitas lebih untuk membuat rumah yang berkonsep unik dan anti mainstream. Seperti apa contoh rumah yang cocok untuk pribadi nyentrik? Inilah 11 pilihannya.

1. Rumah Pohon

Sumber Foto : LiburMulu.com

Ada beberapa jenis rumah pohon yang dirancang oleh para arsitek anti mainstream. Misalnya saja rumah yang berada di atas pohon atau rumah yang di dalamnya ada pohon. Pada awalnya, ketika di Eropa mulai dibuat konsep rumah kuno, keberadaan rumah pohon dibangun untuk tempat bermain anak  anak. Namun saat ini ada beberapa hunian sejenis yang dikembangkan menjadi rumah tinggal. Jumlah ruangannya pun diperbesar dan lebih lengkap sehingga bisa memenuhi aneka kebutuhan.

2. Igloo

Sumber foto : 50campires.com

Igloo adalah rumah berbetuk setengah bola dengan pintu melengkung yang terbuat dari batu es. Batu es yang dijadikan bahan igloo kemudian dibentuk balok hingga menyerupai batu bata. Karena igloo dibuat oleh para eskimo di kutub utara, maka suhu akan membuat tatanan balok  balok es tersebut menempel sendiri. Kini sudah banyak arsitek nyentrik yang menggunakan konsep igloo sebagai rumah. Tetapi karena tidak hidup di kutub utara maka tentu bahan yang digunakan bukan balok es.

3. Glass House

Sumber foto : borackabn.com

Meskipun namanya adalah rumah kaca, tetapi glass house dirancang dengan rangka amat kuat sehingga tidak mudah runtuh. Istilah glass house dulunya digunakan sebagai sebutan untuk rumah tempat penanaman aneka tumbuhan yang didesain hangat sehingga sinar matahari bisa lebih banyak masuk. Tetapi karena banyak manfaat dari sinar matahari yang juga dibutuhkan oleh manusia, maka glass house akhirnya menjadi salah satu desain pengembangan untuk hunian sehat.

4. Rumah Shabby

Sumber foto : inspirasimodelrumah.us

Konsep shabby saat ini sedang booming terutama di kalangan para ibu. Selain unik dengan menggunakan aneka gorden berenda dan pajangan dinding berbahan kayu, rumah shabby juga tampak minimalis sehingga tidak terkesan lebay bagi para generasi milenial. Hal ini menjadi salah satu penyebab banyak ibu muda yang keranjingan untuk mendekorasi rumahnya menjadi shabby melalui beberapa furniture atau aksesoris unik.

5. Cookies Hoouse

Sumber foto : www.pagotent.com

Terinspirasi dari film Hansel and Gretel, rumah kue menjadi salah satu konsep hunian yang tidak hanya nyaman, tetapi juga unik dan menarik bagi anak  anak. Beberapa keluarga di Eropa dan Amerika mendandani rumahnya hingga menyerupai bentuk potongan cake atau roti bun. Selain unik, bentuk rumah seperti ini juga bisa dikomersilkan lho! Bagaimana tidak,  karena saat ini banyak orang yang suka mengupload foto di Instagram, bagian depan rumah bisa disewakan untuk settingnya kan?

6. Honai Masa Kini

Sumber foto : www.rumah-adat.com

Honai adalah rumah adat Papua. Hampir semua suku di Papua menggunakan Honai meskipun ada juga beberapa jenis rumah adat lainnya. Ciri khas Honai adalah mempunyai atap rumbia yang terbuat dari dedaunan kering. Saat ini, banyak orang yang mulai membuat rumah dengan konsep Honai tetapi lebih kuat dan tahan lama. Selain estetika, nilai fungsionalnya sebagai hunian pun tetap tinggi.

7. Rumah Bawah Tanah

Sumber foto : www.vebma.com

Rumah bawah tanah banyak dibangun di Eropa terutaman pada negara negara Skandinavia. Konsep rumah bawah tanah tidak selalu sepenuhnya berada di bawah permukaan tanah. Ada juga sebagian rumah yang setengahnya berada di atas permukaan tanah dan setengah lagi di bawah. Jadi, yang tampak dari rumah tersebut hanya bagian atapnya saja dengan beberapa jendela serta ventilasi.

8. Flower House

Sumber foto : yandex.ru

Seperti namanya, konsep rumah bunga pada zaman dahulu adalah sebuah tempat menyimpan berbagai macam jenis bunga. Jadi, flower house hampir menyerupai kebun indoor yang hangat dan biasanya cukup lembap. Karena banyak orang yang menyukai bunga, konsep hunian dengan banyak bunga tumbuh di dalamnya pun semakin dikembangkan. Karena berada di lingkungan tropis, banyak orang Indonesia yang memilih anggrek dan mawar sebagai pelengkap flower house karena kuat dan indah.

9. Space House

Sumber foto : www.thefuturohouse.com

Banyak orang yang punya impian untuk pergi ke luar angkasa. Atas ide tersebut, beberapa orang terinspirasi untuk membuat rumah dengan bentuk menyerupai roket. Jadi, ketika malam hari, bagian atas rumah yang berbentuk seperti peluru dan dipenuhi jendela kaca akan membuat suasana menjadi seperti di luar angkasa sungguhan. Namun, biaya untuk membuat rumah semacam ini cukup mahal karena bahan  bahan dan rangkanya harus sangat kokoh.

10. Rumah Container

Sumber foto : www.archilovers.com

Container bekas yang sudah tidak terpakai bisa dimanfaatkan sebagai ruangan di rumah. Bahkan karena banyak pengusaha kreatif yang ingin menekan biaya pembangunan, mereka juga memanfaatkan container untuk membuat café atau distro. Keunikan dari rumah atau bangunan yang terbuat dari container adalah lebih bisa dimodifikasi dan dipindahkan. Jadi rumah container akan sangat cocok untuk keluarga yang memiliki halaman cukup luas dan sering bosan serta ingin mengganti suasana.

11. Rumah Terbalik

Sumber foto : www.huislaw.com

Rumah terbalik adalah bangunan yang sangat unik serta menarik. Pada walnya, konsep ini tidak digunakan sebagai hunian, tetapi semata hanya untuk hiburan. Terinspirasi dari rumah yang terkena bencana di Amerika, banyak pengusaha tempat hiburan yang kemudian membuat rumah terbalik denan kelengkapan furniture yang juga terbalik. Siapa sangka, beberap tahun terakhir semakin banyak orang yang membangun hunian dengan konsep unik ini.

Adakah rumah yang memberi inspirasi ide unik dan nyentrik? Bangun dan kembangkan hunian sesuai karakter untuk tinggal lebih nyaman dengan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *