Indahnya Watu Lawang Desa Wisata Guwoterus

Watu Lawang

Setelah sekian jam menunggu anak tercinta di depan halaman sekolah Tk Kemala Bhayangkari 70 Montong, bel pulang sekolah telah berbunyi menandakan aktivitas belajar telah usai. 

Tak lama anaku keluar dari ruangan dan menghampiriku bersama istri tapi saya tidak langsung mengajaknya pulang saya mengajak pergi ke Desa Guwoterus ingin mencari tempat yang indah untuk latar belakang foto.

Sekitar 20 menit perjalanan  dari tempat anaku bersekolah dari kejauhan nampak   berdiri megah sebuah tebing di antara jalan raya seperti bagunan gerbang pintu masuk. Semakin saya mendekat nampak jelas dan menakjubkan ketika mata melihat. 

Setinggi kurang lebih 30 meter menghiasi Jalan raya dan di bawahnya pingir jalan sisi kiri kalau dari arah Montong ada sebuah icon bertuliskan Desa Wisata Guwoterus inilah yang menarik perhatianku saat berada disana di situlah kami melakukan aktivitas foto -foto.

Anak dan Istri Saat Foto di Icon Wisata Guwoterus

Di Kecamatan Montong desa ini paling barat dari desa lainya. Kaya akan keindahan alamnya menjadikan Guwoterus sebagai Desa Wisata yang produktif. 

Saat berkunjung di desa ini kita akan menjumpai beberapa baner di pinggir jalan dengan tulisan  aneka Kerajinan dari Bambu, Peternakan Burung Dara, Rumah Baca Siaga, Radio Siaga FM 107,2 mhz, Pendekar Siaga, bike adventure, joging adventure, jeep ofroad, caving ( jelajah gua) dan River Tubing dengan menaiki ban karet, rasakan sensasi pengalaman berpetualang menjelajahi aliran sungai di bawah tebing dengan suasana  khas pedesaan yang masih alami di tambah udaranya yang sejuk.

Tidak jauh dari Watu Lawang  kurang lebih sekitar 3 kilometer menuju utara terdapat Goa terus yang unik mempunyai pintu masuk dan pintu keluar atau tembus kebelakang. 

Konon menurut cerita warga sekitar pantangan untuk putar balik saat memasuki, tidak boleh keluar dengan pintu yang sama. Dari nama goa inilah yang menjadi nama Desa Guwoterus, kearifan lokalnya juga  terjaga sampai saat ini adalah  tradisi sedekah bumi atau bahasa jawanya manganan masih di lakukan setiap tahunya didepan mulut Goa.

Demikian sahabat ulasan mengenai Desa Wisata Guwoterus. Jika ada berkunjung di Kota Tuban tak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke tempat ini untuk sekedar menikmati alam yang masih asri khas pedesaan, jangan lupa membeli dan bawa pulang oleh-oleh aneka kerajinan serta menjajal berpetualang dengan river tubing. Terima kasih 😊

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *