Melihat Dari Dekat Masjid Cheng Ho di Bangilan

 

Mengobati rasa penasaran akan Kabar dari media sosial facebook tentang keberadaan masjid di Bangilan saya dan delapan orang  sahabat pun berencana mengunjungi tempat tersebut. Tiba saatnya di hari, jam dan tempat kita  berkumpul  yang sudah di sepakati bersama. Sudah tak sabar rasanya ingin cepat-cepat melihat seperti  masjid terkenal dengan nama masjid Cheng Ho. 

Saat itu tepat pukul 11:00 wib di  lapangan desa montongsekar dimana tempat saya berkumpul bersama teman -teman komunitas facebook Blusukan Alam Tuban(BAT) untuk pergi kesebuah masjid di bagilan setelah rombongan berkumpul semua kamipun bergegas menuju tempat yang dituju. Memacu kendaraan dengan kecepatan standar dan selalu waspada di jalan supaya selamat sampau tujuan karena keselamatan menjadi prioritas utama.

Sekitar 40 menit perjalanan sampai juga di masjid baitul jalil atau lebih di kenal dengan nama Masjid Cheng Ho, kami tiba saat memasuki waktu sholat dzuhur sehingga bisa berkesempatan melakukan sholat berjamaah, walaupun sempat kesasar beberapa kali tapi tak masalah bagiku pengalaman ini sangat menyenangkan.

Masjid tersebut sangat unik bergaya tiongkok dan struktur bangunannya berbentuk segitiga hampir mirip seperti pagoda dengan keindahannya, bikin takjub mata saat melihatnya. Ia itu yang aku rasakan saat  pertama kali  menginjakan kaki di pelataran masjid tersebut membuat mata saya seoalah tak berkedip 

Masjid Cheng Ho Memiliki warna merah yang lebih dominan selain warna kuning dan hijau muda  di garis – garis setiap dindingnya.  Masjid ini sendiri masih di dalam area pondok pesantren Salafiyah, Syifaul Qulub nuasa islami sangat terasa dengan aktivitas santri salah satunya mengaji maupun belajar ilmu agama.

Letak masjid Cheng Ho beralamatkan di Dusun Bamban, Desa Sidodadi, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban. Karena  Masjid ini tak jauh dari lingkungan pesantren sehinga menjadi sarana beribadah para santri saat menempuh  pendidikan di pesantren salafiyah, Syifaul qulub yang santrinya berasal dari penjuru wilayah di Jawa timur dan sekitarnya.

Setelah puas menikmati indahnya Masjid Cheng Ho waktu sudah beranjak sore kamipun kembali pulang. Sampai Jumpa di lainya kesempatan dan tunggu ulasan saya mengenai tempat-tempat menarik di Kabupaten Tuban. Terima kasih sahabat.

8 comments

  1. Saat membaca judulnya sebagai warga Bangilan saya dibuat penasaran. Tapi setelah membaca, ternyata gak jauh dari tempat tinggal dan pernah juga ke sana.
    Keren bang artikelnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *