Wana Wisata Trinil Kabupaten Lamongan

 

Berada di pesisir pantai utara daerah ini memiliki wisata alam yang  menarik dan unik layak untuk di kunjungi. Suasana alamnya masih natural, ada beberapa spot foto di tawarkan untuk anda hobby berfoto, yakni berlatar belakang panorama alam perpaduan hutan yang amat mempesona. Sangat disayangkan jika anda belum menyempatkan datang ketempat ini.

Ya, Wana Wisata Trinil atau dengan sebutan Akar Langit ini berlokasi di wilayah Perhutani Lembor dengan luas kurang lebih sekitar 6,3  hektar. Tepatnya berada di Dusun Wide, Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur, turut wilayah pantai utara dan berada tengah hutan di selatannya perkampungan warga. jaraknya sekitar kurang lebih 400 meter sesuai petunjuk arah yang terpasang di pohon.

Kondisi daerah sekitar Wana Wisata Trinil (Akar Langit) di tumbuhi pohon mauni sangat rimbun menghiasi di kanan kirinya sehingga saat anda berada di lokasi suasana sejuk dan teduh sekali bisa anda rasakan. Cocok menjadi di buat tempat  berpiknik bersama keluarga dan sahabat hanya untuk sekedar santai sembari menikmati panorama alam dengan nuansa yang masih alami.

Dari berbagai sumber yang saya dapat dari google pohon Trinil raksasa di temukan oleh Ali Rahman saat mencari tempat untuk outbond dan perkemahan. Ia menemukan pohon tersebut kemudian memfotonya, terus mengunggahnya ke media sosial. Unggahan Ali mendapatkan respon yang baik, akhirnya pohon ini menjadi viral. Lalu, orang-orang mengunjungi tempat tersebut hingga kini.

Sejak ditemukannya pohon trinil di lamongan yang terbilang unik membuat rasa penasaran sebagian orang dan dapat menyedot ribuan pengunjung terus berdatangan dari berbagai daerah yang ada di Jawa timur maupun dari daerah lainya. Karena keunikannya minat masyarakat untuk mengunjungi tempat ini sangat luar biasa sehingga tempat tersebut di jadikan objyek wisata yang di kelola oleh warga sekitar dan Karang Taruna setempat bekerja sama dengan perhutani.

Salah satunya pengunjung asal Tuban sebut saja Isyhah, ia bersama keluarganya mengunjungi Wana Wisata Trinil (03/02/2018) dengan menempuh perjalanan sejauh kurang lebih sekitar 26 kilometer Tuban – Lamongan akhirnya sampai juga di lokasi. Rasa capek terobati oleh indahnya pohon trinil dan suasana sejuk saat berada di area wisata.

“Ia menambahkan, padahal waktu libur sekolah sudah usai tapi wisata trinil masih ramai dengan pengunjung.”ucapnya.

Pohon Trinil ini jika di lihat dari kejauhan seperti raksasa berakar. Cabangnya menjalar panjang dan melilit pohon berbeda jenis lain di sekitarnya. Bentuknya yang lain dari yang lain  menjadi daya tarik pengunjung melakukan aktivitas berswafoto, nampak mereka bergantian  foto Selfie maupun foto bersama di dekat pohon utama yang paling besar.

Selain pohon Trinil utama di sekelilingnya banyak di jumpai dengan jenis yang sama dan memiliki berbeda-beda bentuk dengan ukuran berbeda pula. Berkat ide tangan-tangan kreatif terpasang pula papan berbagai macam tulisan zaman now tertancap di sana. Bisa di buat seru-seruan berfoto di sampingnya yang lagi tren saat ini.

Foto Isyhah saat foto di pohon Trinil lainya (foto by Isyhah)

Masih banyak yang bisa anda nikmati di Wana Wisata Trinil di sebelah kiri pohon Trinil ada tangga terbuat dari kayu lalu naiklah di atas sana terdapat goa konon tempat persembunyian tentara jepang dan belanda pada zaman dahulu dan terdapat berbagai wahana tersedia salah satunya foto selfie di atas perahu di ketinggian, panah arjuna, bentuk love, sarang burung, sayap kayu, ayunan, semua  berlatar belakang panorama perbukitan di balut awan- awan putih yang  indah.

Foto Isyhah, saat di atas perahu bambu. Salah satu spot foto yang ada di Sana Wisata Trinil. (Foto by Isyhah)

Hanya dengan tarif biaya parkir dan tiket masuk :

– Biaya Parkir Roda Dua Rp 2000 Rupiah.

– Biaya Parkir Roda Empat Rp 5000 Rupiah.

– Biaya Tiket Masuk Wisata Rp 3000 Rupiah perorang.

Harga yang sangat murah. Wana Wisata Trinil (Akar Langit)  bisa menjadi tujuan liburan anda bersama keluarga dan sahabat karena tempatnya sangat cocok dibuat bersantai bersama orang – orang tercinta serta disekitar area berdiri warung-warung makanan dan minuman.

Untuk akses jalanya sendiri sudah beraspal dan berpaving ketika akan mendekati area wisata  dan dapat di tempuh mengunakan berbagai jenis kendaraan baik roda dua dan roda empat bisa masuk langsung kelokasi, tersedia  tempat parkir untuk menampung kendaraan. Warga sekitar dengan kearifan lokalnya sangat ramah serta murah senyum jika ada pendatang yang berkunjung.

– Rute menuju Wana Wisata Trinil (Akar Langit) dari Arah Barat. 👇

Bisa anda tempuh melalui jalur pesisir pantura Tuban – Lamongan. Mulai dari alon-alon Kota Tuban  lurus ketimur menuju PAMBON sampai menemukan rumah tingkat disisi kanan tepat berada di perempatan nah itu masuk arah kanan lurus terus melewati perkampungan warga jika sudah menemukan jalan pavingan itu tandanya anda sudah dekat dengan lokasi dari jalan pavingan lokasi kurang lebih 400 meter terus saja ada warung warung pinggir jalan itu anda sudah sampai di lokasi.

– Rute menuju Wana Wisata Trinil (Akar Langit) dari arah Timur. 👇

Dapat anda tempuh melalui jalur pesisir Pantura Gresik – Lamongan. Mulai dari pertigaan yang mau menuju pondok pesantren sunan drajat itu lurus kebarat menuju wilayah PAMBON sampai menemukan rumah tingkat disisi kiri jalan tepat berada di perempatan nah itu masuk lurus terus melewati perkampungan warga sampai menemukan jalan pavingan itu tandanya anda sudah dekat dengan lokasi dari jalan pavingan lokasi kurang lebih 400 meter terus saja ada warung warung pinggir jalan itu anda sudah sampai di lokasi.

– Rute menuju Wana Wisata Trinil (Akar Langit) dari arah selatan. 👇

Bisa anda tempuh lewat jalur Babat kearah barat pertigaan Mrutuk masuk keutara lewat Mlangi mentok tembus pertigaan palang lurus ke timur sampai daerah PAMBON cari rumah tingkat disisi kanan tepat berada di perempatan nah itu masuk, lurus terus melewati perkampungan warga jika sudah  menemukan jalan pavingan itu tandanya anda sudah dekat dengan lokasi dari jalan pavingan lokasi kurang lebih 400 meter terus saja ada warung warung pinggir jalan itu anda sudah sampai di lokasi.

Bagi anda yang masih bingung dengan rute saya tulis bisa memanfaatkan aplikasi google map di handphone android anda cukup mengetik Wisata Akar Langit Wide lokasi sudah tertandai atau bisa sering-sering tanya warga sekitar biar tidak kesasar ya, sahabat. Seperti, pepatah malu bertanya sesat di jalan, hehehe. Jadi jangan malu untuk bertanya.

Demikian ulasan mengenai Wana Wisata Trinil Jika anda berkunjung di Kota Lamongan  tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke tempat ini untuk sekedar menikmati pesona alam bebas yang masih alami dan asri. Cocok buat piknik bersantai bersama keluarga dan sahabat tercinta.

Pesan-pesan dari saya supaya untuk menjaga kebersihan di manapun anda berada dan jangan membuang sembarangan. bukan kah, kebersihan sebagian daripada iman. maka dari itu mari kita bersama-sama jaga alam kita tetap lestari. Terima kasih.

Foto by Isyhah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *